Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala melaksanakan Focus Group Discussion Evaluasi Kurikulum Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah FK USK yang bertempat di Ruang Komite Medik, Lantai 1 RSUD. dr. Zainoel Abidin, pada Kamis(21/04/2022). Kegiatan ini merupakan bagian dari rencana strategis Prodi terkait pengembangan mutu di Prodi Jantung dan Pembuluh Darah.

FGD ini dipimpin langsung oleh Koordinator Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah, Prof. Dr. dr. Teuku Heriansyah, Sp.JP(K)-FIHA, FESC, FAsCC. Dalam acara ini hadir sebagai narasumber Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Suhendrayatna, M. Eng; Komite Kurikulum Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, yang diwakili oleh dr. Rosaria Indah, M.Sc., PhD, serta Asesor LAM-PTKes Dr. dr. Mohammad Rizki Akbar, M.Kes., Sp.JP(K)-FIHA, FAsCC yang hadir secara online.

Sesi pertama, presentasi disampaikan oleh Prof Heriansyah tentang Profil Program Studi PPDS Jantung dan Pembuluh Darah FK USK. Beliau mengungkapkan bahwa yang menjadi target prodi ke depannya adalah meningkatkan akreditasi prodi dari B ke A, sehingga monitoring dan evaluasi terhadap kurikulum yang sedang berjalan merupakan sebuah keharusan demi tercapainya mutu prodi yang semakin baik. Prodi yang terakreditasi baik memberi jaminan kepada publik terkait mutu dari lulusan yang dihasilkan.

Pada sesi presentasi Prof Suhendrayatna, beliau menyampaikan tentang Mekanisme Pemutahiran Kurikulum Program Studi di Lingkungan Universitas Syiah Kuala. Beliau mengutip Permendikbud No.3 Tahun 2020 yang berorientasi pada fleksibilitas, yang di dalamnya terdapat kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MB-KM). Beliau juga menjelaskan Kemendikbud Nomor 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada sesi selanjutnya, dr. Rosaria menjelaskan tentang Langkah-Langkah Evaluasi dan Revisi Kurikulum PPDS. Beliau menjalaskan secara detail langkah-langkah yang diperlukan dalam revisi kurikulum, dimulai dari analisa profil lulusan, penyusunan profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan dan mata kuliah, sampai pada tahap penyusunan RPS tiap mata kuliah yang diikuti dengan rencana evaluasi mata kuliah.

Dr. Rizki pada sesi presentasi nya menjabarkan tentang Evaluasi Kurikulum Prodi Sebagai Persiapan Akreditasi LAM-PTKes. Beliau mengingatkan kembali tentang Penilaian Akreditasi yang dilakukan oleh LAM-PTKes, yang terdiri dari 9 kriteria, dimana kriteria 6 adalah kriteria Pendidikan, termasuk di dalam nya adalah kurikulum. Penilaian kurikulum terdiri dari struktur kurikulum, substansi kurikulum, keunggulan program studi, keterlibatan pemangku kepentingan, dan kesesuaian capaian pembelajaran dengan profil lulusan.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan diskusi antara narasumber bersama dengan koordinator program studi dan staff pengajar, serta mendengarkan jajak pendapat dari lulusan prodi. Rangkaian FGD ini menghasilkan beberapa masukan sebagai bahan kajian yang nantinya menjadi bahan masukan bagi Prodi.